" Ketika Ingin Merubah "

"Ketika aku muda, aku ingin
mengubah seluruh dunia.
Lalu aku sadari, betapa sulit
mengubah seluruh dunia ini,

lalu aku putuskan
untuk mengubah negaraku saja.
Ketika aku sadari bahwa aku tidak bisa

mengubah negaraku, aku mulai berusaha

mengubah kotaku. Ketika aku semakin tua,

aku sadari tidak mudah mengubah kotaku.

Maka aku mulai mengubah keluargaku.

Kini aku semakin renta, aku pun tak bisa

mengubah keluargaku.

Aku sadari bahwa satu-satunya

yang bisa aku ubah adalah diriku sendiri.

Tiba-tiba aku tersadarkan

bahwa bila saja aku bisa

mengubah diriku sejak dahulu,

aku pasti bisa mengubah keluargaku

dan kotaku. Pada akhirnya

aku akan mengubah negaraku

dan aku pun bisa mengubah seluruh dunia ini."

Tidak ada yang bisa kita ubah sebelum kita mengubah diri sendiri. Tak bisa kita mengubah diri sendiri sebelum mengenal diri sendiri. Takkan kenal pada diri sendiri sebelum mampu menerima diri ini apa adanya
Share on Google Plus

About Unknown

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar